Gejala DBD, Waspada gejala DBD, Wabah DBD, Ciri - ciri DBD

Gejala Demam Berdarah dan Pertolongan Pertama

Demam berdarah atau demam dengue (DBD) adalah penyakit menular akibat Gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albocpictus yang membawa virus.

Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka terkena penyakit ini, sampai akhirnya harus menjalani rawat inap, untuk itu Anda perlu mengetahui tanda dan gejala DBD berikut ini agar lebih waspada. 

1. Demam tinggi mendadak 

Demam mungkin sering terjadi pada banyak penyakit. Namun demam pada gejala dbd terjadi secara mendadak. Banyak orang tidak mengetahui perbedaan antara demam biasa dengan demam berdarah.

Perbedaan yang terlihat jelas antara gejala demam berdarah dengan gejala demam lainnya adalah demam DBD bisa mencapai suhu 40 Celcius. Demam yang akibat flu dan infeksi dari virus atau bakteri biasanya disertai dengan gejala bersin atau batuk sedangkan gejala demam pada DBD bisa terjadi selama 3 sampai 7 hari. 

2. Nyeri pada otot 

Setelah terjadi gejala demam pada pasien yang terkena dbd, pasien akan merasakan nyeri pada bagian otot dan sendi. Gejala tersebut disertai dengan tubuh menggigil dan berkeringat.

3. Sakit kepala parah dan sakit pada bagian belakang mata

Beberapa jam setelah mengalami demam, gejala selanjutnya yang akan muncul adalah sakit kepala parah. Biasanya rasa sakit terjadi di sekitar dahi.sakit kepala parah juga disertai dengan sakit pada bagian belakang mata. Ini merupakan gejala umum yang terjadi

4. Mual dan muntah 

Pada beberapa orang, masalah pencernaan juga bisa terjadi, seperti mual muntah. Selain itu, bagian perut atau punggung akan terasa tidak nyaman. Gejala ini bisa terjadi selama dua sampai empat hari.

5. Berasa lelah 

Demam disertai nyeri otot dan masalah pencernaan yang terjadi pada pasien DBD dapat menurunkan nafsu makan. Tentu hal ini menyebabkan tubuh menjadi kelelahan karena kurangnya asupan makanan dan sistim imun yang lemah.

Pertolongan dengue pertama

Begitu gejala demam berdarah atau infeksi dengue muncul, tidak panik adalah hal yang harus kamu lakukan. Memang kamu perlu untuk mendapatkan pertolongan medis segera. Namun saat pertolongan medis itu belum kamu dapatkan, kamu bisa melakukan pertolongan dengue pertama kali dengan perawatan ringan berikut ini:

  • Minum banyak cairan, sebab saat suhu tubuh meningkat maka cairan tubuh akan berkurang banyak. Sehingga kamu harus banyak minum agar tidak mengalami dehidrasi.
  • Minumlah obat penurun demam dan bisa meringankan rasa sakit yang terjadi di sekujur tubuh karena infeksi dengue. Contohnya seperti Paracetamol. Namun hindari obat penghilang rasa sakit yang bisa meningkatkan risiko pendarahan seperti aspirin dan ibuprofen.
  • Lanjutkan dengan istirahat yang cukup.

Pertolongan pertama ini hanya dilakukan untuk meringankan rasa sakit yang kamu rasakan.

Selanjutnya, pergilah ke rumah sakit untuk kemudian mendapatkan perawatan demam berdarah lebih lanjut yang meliputi pemeriksaan di laboratorium.

Tag: articles

Ramdan Chandra