Bunuh Diri: Lakukan Tindakan Ini Untuk Mencegahnya

Seseorang yang memiliki niat bunuh diri biasanya memiliki masalah dalam hidupnya. Dia seakan sudah tidak sanggup memikul beban itu sehingga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Biasanya hal itu dipicu oleh masalah ekonomi, baru putus dengan pasangan, ditolak dalam pergaulan, tekanan dalam pekerjaan, memiliki orientasi seksual yang berbeda, atau hal lainnya.

Baru-baru ini terjadi kasus bunuh diri yaitu seorang karyawati cantik Bank BRI yang bernama Meritha Virdhawati. Meritha jatuh dari lantai 10 Apartemen Cosmo Park depan Thamrin City di Jalan Boulevard, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Menurut hasil wawancara detik.com terhadap suaminya, akhir-akhir ini korban sering mengeluhkan situasi pekerjaannya dan ia juga tertekan oleh kesehatan bayinya yang berusia 9 bulan.

Image result for pegawai bank bri bunuh diri

http://lampung.tribunnews.com/2018/01/08/

Jika Anda memiliki orang-orang terdekat Anda yang mengalami keluhan tersebut dan memiliki tanda-tanda ingin mengakhiri hidupnya. Kemungkinan besar ia sudah berniat bunuh diri dan Anda bisa saja menghalanginya agar ia mengurungkan niatnya. Anda dapat bantu mencegahnya dengan tindakan berikut ini.

1. Jadi Teman Bicara yang Baik

Related image

http://anthillonline.com/

Ketika seseorang telah memiliki niat mengakhiri hidupnya berarti mereka sedang berada pada masa-masa kritis di dalam hidupnya. Di sinilah Anda bisa berperan memberikan perhatian kepadanya dengan menjadi teman bicara yang baik. Anda bisa bertanya mengenai perasaannya saat itu. Dengarkan tiap perkataannya dengan serius, terutama jika dia melontarkan kalimat ingin mengakhiri hidupnya. Seseorang yang putus asa akan merasa lebih tenang jika mendapat teman bicara yang peduli kepada dirinya.

2. Berikan Dia Semangat

Image result for conversation

http://drinktank.org.au/about-us/

Jangan pernah lelah untuk memberikan semangat kepadanya. Katakan kepadanya bahwa keadaan akan berjalan lebih baik, terlebih setelah mendapat penanganan yang tepat dari dokter. Selalu tanamkan dibenaknya mengenai hal-hal yang positif.

3. Jangan Menghakiminya

Related image

https://steemit.com/philosophy/@finalzexes

Mungkin beberapa dari kita kerap emosi ketika mendapati orang terdekat berniat untuk bunuh diri dengan memarahinya bahwa bunuh diri merupakan hal bodoh untuk dilakukan. Sebaiknya hindari pernyataan tersebut atau perbincangan yang justru bisa membuat mentalnya lebih tertekan atau memicu perdebatan.

4. Ajak Dia untuk Konsultasi ke Dokter

Image result for konsultasi dokter

Dalam menangani kasus ini, Anda tidak bisa melakukannya seorang diri. Butuh bantuan dokter atau pakar yang bisa membantu menenangkan kondisi jiwa orang tersebut. apalagi jika mengingat bahwa orang yang berniat bunuh diri tidak memiliki motivasi untuk mencari bantuan, maka Anda yang harus melakukannya. Anda bisa mencarikan dokter, serta membuatkannya janji untuk berkonsultasi. Temani pula saat dia menjalani sesi konsultasi.

5. Ajak Dia Jalan-Jalan

Image result for hangout people

http://servingjoy.com/

Salah satu hal yang memicu orang untuk bunuh diri adalah memiliki gangguan pada kesehatan mentalnya. Gangguan tersebut bisa diminimalisasi dengan melakukan aktivitas yang bisa membangkitkan semangat, seperti berolahraga atau jalan-jalan ke taman bermain.

Menurut penelitian, melakukan kegiatan fisik bisa meredakan stres, meningkatkan hormon yang bisa membuat seseorang merasa senang, memperbaiki suasana hati dan dan hal positif lainnya yang bisa membuat seseorang melupakan hasrat ingin bunuh diri.

Tag: articles

Akmelia