Atasi Insomnia dengan 6 Cara Berkualitas

Tidur merupakan cara utama untuk mengistirahatkan tubuh. Tidur yang berkualitas mampu menjaga kekuatan dan daya tahan tubuh. Namun di tengah kesibukan dan tekanan yang semakin tinggi seperti saat ini, tidur yang berkualitas sulit didapatkan. Penelitian bahkan menunjukkan 28 juta orang Indonesia mengalami masalah susah tidur atau insomnia.

Beberapa cara berikut ini dapat menciptakan tidur yang berkualitas terhindar dari insomnia. Tidur yang berkualitas yaitu tidur dengan cepat, tidak memiliki gangguan, cukup, dan kembali fit saat bangun. Yuk kita cermati apa saja hal positif yang dapat dilakukan seperti yang dilansir CNNIndonesia.

1. Membuat rutinitas

Image result for membuat jadwal shutterstock

https://magazine.job-like.com

Rutinitas membantu tubuh terbiasa untuk tertidur dan bangun dengan sendirinya. Cobalah untuk membiasakan tidur tepat waktu dalam waktu yang sama agar menjadi kebiasaan.

2. Menghindari cahaya

Image result for jendela kamar shutterstock

https://www.movingonhelp.com

Tubuh bakal lebih mudah beristirahat dalam suasana yang redup. Suasana gelap membuat tubuh lebih rileks. Sementata cahaya, menurut Aurora, identik dengan kerja sehingga membuat tubuh menjadi intens untuk beraktivitas.

3. Membuat lingkungan nyaman

Image result for merapikan tempat tidur shutterstock

https://magazine.job-like.com

Tempat tidur yang nyaman dan bersih akan membuat tubuh lebih rileks dan cepat terlelap. Aurora menyarankan agar membiasakan diri membuat tempat tidur menjadi tempat khusus untuk beristirahat. 

4. Ritual

Image result for mencuci muka shutterstock

https://www.suara.com

Ritual tertentu sebelum tidur membuat tubuh mudah beristirahat. Ritual ini dapat berupa mencuci muka, bersih-bersih dan sebagainya yang meredakan tegangan. Hindari kegiatan yang dapat membuat otak kembali bekerja seperti melihat telepon atau laptop.

5. Rileks

Image result for rileks tidur shutterstock

https://hellosehat.com

Jika sulit terlelap saat sudah di tempat tidur, Aurora menyarankan untuk tetap rileks. Keadaan rileks membuat diri tenang sehingga tubuh tertidur dengan sendirinya. Selain itu, menurur Aurora, salah satu cara tetap rileks adalah menuliskan hal-hal yang mengganggu pikiran. Dapat juga menulis target untuk dikejar keesokan harinya.

6. Hindari makan, kopi, dan alkohol

Image result for minum kopi malam hari shutterstock

https://www.vemale.com

Makan dapat membuat perut bekerja mengolah makanan sehingga tubuh sulit tertidur. Begitu pula dengan kopi atau minuman yang mengandung kafein membuat tubuh tetap terjaga. Aurora juga menganjurkan untuk menghindari alkohol dan obat tidur agar tidak ketergantungan.

Untuk memiliki layanan home care kesehatan, Anda dapat kunjungi website kami dan Anda juga bisa mengandalkan aplikasi Insan Medika yang dapat diunduh di Google Play. Insan Medika adalah perusahaan agency perawat home care terpercaya di Indonesia. Menghadirkan layanan medis dengan pemasangan alat yang didukung oleh staff perawat profesional dan layanan non medis untuk perawatan lansia dan baby sitter.

Tag: articles

Akmelia