Alergi Seafood? Cobalah Cara-Cara Berikut !

Banyak orang mengalami masalah ketika makan makanan laut (seafood), karena jenis makanan ini sering menjadi pemicu alergi. Padahal makanan laut terkenal dengan protein yang tinggi yang baik untuk tubuh. Jadi mereka cenderung menghindari makanan laut ini agar terhindar dari alergi tersebut.

Orang yang alergi terhadap udang biasanya mengalami gejala seperti gatal-gatal atau ruam kulit di seluruh tubuh, mengi, batuk dan kesulitan bernapas. Tentu itu. Alergi udang bisa langsung muncul ketika pertama kali makan atau setelah beberapa kali makan. Alergi udang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menjadi sangat lemah saat menghadapi protein dari udang.

Berikut adalah beberapa cara alami untuk menghilangkan alergi seafood :

1. Lemon

Jus lemon mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga mencegah gatal dan reaksi alergi udang yang lain. Vitamin C ini akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh, membantu tubuh menerima protein dari udang dan mengatasi kadar histamin yang sangat tinggi. Jadi cobalah minum jus atau perasan lemon setelah memakan seafood.

2. Minum Madu

Campurkan madu dengan air hangat lalu minum disaat alergi Anda mulai muncul. Madu mengandung bahan antioksidan dan mineral yang tinggi untuk mengurangi tingginya kadar histamin. Madu juga mengandung vitamin E yang sangat baik untuk mengatasi gatal.

3. Minum Air Jahe Hangat

Jahe mengandung bahan antioksidan dan senyawa minyak esensial seperti kaempferol. Senyawa ini bisa membantu menghilangkan mual atau sakit kepala karena alergi yang berat. Agar bahan ini bisa bekerja lebih cepat, maka pastikan minum air ini saat makan udang. Jadi Anda bisa mencegah reaksi alergi sebelum muncul. 

4. Konsumsi Makanan Mengandung Quercetin Tinggi

Quercetin adalah salah satu bahan alami yang bisa membantu mengatur kadar histamin dalam tubuh. Kandungan senyawa quercetin bisa meningkatkan efek dari bahan antioksidan dan mengurangi peradangan. Anda bisa mengkonsumsi udang bersama dengan sumber makanan mengandung quercetin seperti: capers, bawang merah, dan bawang putih mentah. Buah yang mengandung quercetin tinggi seperti blueberri, plum, apel,dan ceri.

5. Jus Buah Bit, Wortel dan Mentimun

Alergi udang juga bisa dihilangkan dengan konsumsi jus campuran dari buah bit, wortel dan mentimun.  Campuran jus ini bisa membantu mengatasi gatal dan sakit kepala dengan cara yang sangat cepat. Untuk mengatasi secara langsung sebaiknya dikonsumsi bersama ketika setelah makan udang. Campuran buah ini bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan reaksi alergi terhadap protein udang.

Nah tadi adalah beberapa cara alami untuk mengatasi alergi seafood. Mulai sekarang jangan takut alergi disaat mengkonsumsi makanan laut ya, karena makanan laut memiliki banyak nutrisi yang bagus untuk tubuh kita, sayang kan kita menghindari makan makanan tersebut hanya kerena alasan alergi. 

Tag: articles